April 13, 2024
Jalan Yos Sudarso No. 18 - 22 Surabaya
Blusukan

Walikota Suabaya Tinjau Sejumlah Lokasi Banjir di Surabaya Banjir: Kita Bangun Tanggul!

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi telah melakukan peninjauan sejumlah lokasi di kawasan Surabaya Barat yang dilanda banjir pada Sabtu (17/2/2024). Menurutnya, banjir yang menggenang di dua kawasan Surabaya Barat, yakni Jalan Tengger Raya (Sambikerep-Benowo) dan Jalan Pakal Madya, Kecamatan Pakal tersebut akibat luapan air dari Gresik pada Sabtu (17/2/2024) malam. 

“Kalau Gresik hujan deras pasti di sini (Pakal Madya) banjir. Bahkan kata warga, pernah pukul 13.00 WIB tidak hujan tapi langsung (banjir). Karena air kiriman dari Gresik, termasuk yang di Benowo,” katanya. 

Berdasar pengakuan warga setempat, Wali Kota Eri mengungkap jika banjir yang terjadi di kawasan Pakal Madya sudah terjadi lebih dari 10 tahun. Sebagai solusi, pihaknya akan membangun tanggul sungai.

“Kita akan bangun tanggul, kanan-kiri. Jadi air nanti tidak meluber ke rumah warga,” ujar Eri. 

Tak hanya itu, Wali Kota yang akrab disapa Cak Eri itu juga meninjau beberapa titik di Lakarsantri. Menurutnya, Pemkot juga berencana membangun bozem di tanah fasilitas umum (Fasum) milik Citraland.

“Selain itu seperti waduk yang kita buat di Benowo, itu (waduk) kan dalam, kita jadikan bozem, jadi nanti air dari sungai langsung ke Bozem,” tambahnya.

Solusi lain datang dari Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya, Reni Astuti. Menurutnya, pemkot membutuhkan sebuah peta banjir berbasis digital guna melihat kondisi secara lebih detail. 

“Banjir dapat dipantau dengan lebih baik menggunakan peta digital, yang mencakup informasi tentang durasi, waktu, dan luas genangan di seluruh wilayah Kota Surabaya,” ujar Reni. 

Reni menekankan bahwa sebelum terjadi hujan, peta tersebut dapat memberikan indikator kondisi yang akan dihadapi, sehingga petugas dapat bersiap dengan lebih baik berdasar informasi yang tersedia.

“Sebelum hujan indikatornya bagaimana dan saat hujan bagaimana, jadi petugas bisa stand by,” katanya.

Terakhir ia menyampaikan pula, Pemkot diharapkan mampu menyajikan informasi real-time mengenai gambaran akurat tentang kondisi cuaca di setiap lokasi di Kota Surabaya, termasuk proyek penanganan banjir yang telah atau sedang dalam proses pengerjaan oleh pemerintah kota.”Saya kira bagus kalau Pak Wali menyampaikan peta digital di Surabaya, mana yang sudah tuntas dan mana yang belum,” ujarnya.

    Leave feedback about this

    • Quality
    • Price
    • Service

    PROS

    +
    Add Field

    CONS

    +
    Add Field
    Choose Image
    Choose Video
    X