July 8, 2024
Jalan Yos Sudarso No. 18 - 22 Surabaya
Surabaya 24 Hours

Naik Hingga Rp 500 M, APBD Surabaya Diketok Rp 11,2 Triliun

Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono telah mengesahkan APBD Surabaya tahun 2023 tepat di momen Hari Pahlawan. Ia menuturkan, tahun ini ada kenaikan nilai APBD hingga Rp 500 miliar. Ia berharap Pemerintah Kota Surabaya mampu melakukan penyerapan maksimal untuk kepentingan-kepentingan masyarakat, terutama peningkatan ekonomi.

Adi Sutarwijono sempat berpesan kepada Walikota Surabaya Eri Cahyadi bahwa APBD 2023 yang baru diketok ini baiknya fokus untuk memulihkan ekonomi Kota Pahlawan. Termasuk di dalamnya adalah memberantas kemiskinan dan kebodohan serta memakmurkan pembangunan masyarakat Surabaya.

“Menumbuhkan generasi muda yang jauh lebih hebat dan lebih unggul. Tidak hanya menguasai teknologi, tapi juga memberikan dampak yang baik,” kata Adi saat ditemui pasca Upacara 10 November di Taman Surya, Kamis (10/11/2022).

Apalagi dengan kekuatan APBD Surabaya tahun 2023 yang mencapai Rp 11,2 triliun, Ia berharap, masyarakat di Kota Pahlawan dapat semakin terlayani dengan baik.

“Hari ini kita ingin menyerap seluruh semangat arek-arek Suroboyo itu, makanya kita sahkan APBD Surabaya dengan kekuatan Rp 11,2 triliun. Ini ada kenaikan sampai Rp 500 miliar dari sebelumnya,” kata Awi, sapaan Adi Sutarwiyono.

Awi menjelaskan, sudah beberapa tahun ini APBD Surabaya ditetapkan bebarengan dengan momen Hari Pahlawan. Menurut Awi, hal ini akan menjadi agenda rutin tahunan sejauh DPRD Surabaya dan jajaran Pemkot Surabaya bisa berkomitmen bersama untuk menata pemerintahan menjadi lebih baik.

“Saya kira itu tidak terlalu sulit untuk dilakukan dan kita semua mengikuti regulasinya,” tegas Awi yang kompak bersama para wakilnya mengenakan pakaian pejuang.

Setelah pengesahan ini, maka tahun depan seluruh pimpinan dan anggota DPRD Surabaya akan menggunakan semua kewenangannya untuk mengawasi serapan APBD ini. Awi menegaskan bahwa pengawasan akan dilakukan dari waktu ke waktu, terutama apakah anggaran itu tepat sasaran atau tidak.

“Teman-teman DPRD semuanya sangat rajin dan teliti untuk melakukan pengawasan pelaksanaan pembangunan di Surabaya. Semoga di tahun 2023 Surabaya terus membaik dan lebih maju,” jelas Awi. (Nor)

    X