July 24, 2024
Jalan Yos Sudarso No. 18 - 22 Surabaya
Perspektif

SOTH, Inisiatif yang Diharapkan untuk Semua Orang Tua

Inisiatif baru yang digerakkan Pemkot Surabaya menarik perhatian. Program ini dikenal sebagai Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH). Program ini muncul sebagai upaya memberikan pemahaman dan ketrampilan kepada orang tua dalam mendukung perkembangan anak-anak. 

Program SOTH menyoroti pentingnya peran orang tua dalam memberikan pendidikan kepada anak-anak mereka. Tidak terbatas dalam hal pendidikan formal di sekolah, tetapi juga aspek-aspek penting seperti kesehatan, nutrisi dan perkembangan sosial-emosional. 

Ketua PUAN Surabaya Zuhrotul Mar’ah menjelaskan bila salah satu aspek yang menjadi fokus utama SOTH adalah memberikan pemahaman tentang pentingnya nutrisi dan kesehatan anak. Sehingga penting untuk semua orang tua atau bahkan bagi calon pengantin baru. 

“Program ini memberikan pengetahuan tentang makanan bergizi dan pola makan yang sehat. Serta memberikan informasi tentang pentingnya pemantauan tumbuh kembang anak. Hal ini untuk mencegah masalah kesehatan seperti stunting. Maka penting dicatat bahwa SOTH harusnya tidak terbatas pada orang tua anak-anak kategori stunting, tetapi untuk semua orang tua,” kata Zuhrotul Mar’ah, Jumat (31/5/2024). 

Perempuan yang juga anggota Komisi B DPRD Kota Surabaya ini menambahkan, SOTH juga memberikan pembekalan kepada orang tua dalam mengembangkan ketrampilan parenting yang efektif. Hal tersebut meliputi ketrampilan komunikasi yang baik dengan anak-anak, manajemen emosi, serta strategi pengasuhan yang positif dan mendukung perkembangan anak secara holistik. 

“Dengan memperkuat ketrampilan parenting ini, diharapkan orang tua dapat menjadi agen perubahan positif dalam kehidupan anak-anak mereka, baik di rumah maupun di sekolah,” imbuhnya. 

Zuhrotul yang juga seorang dokter umum ini berharap SOTH bisa menjadi ruang bagi orang tua untuk saling bertukar pengalaman dan mendukung satu sama lain dalam perjalanan parenting mereka. Ini menciptakan komunitas yang solid dan berdaya. Dimana orang tua dapat saling mendukung belajar satu sama lain dan memperkuat ikatan keluarga. (Nor)

    Leave feedback about this

    • Quality
    • Price
    • Service

    PROS

    +
    Add Field

    CONS

    +
    Add Field
    Choose Image
    Choose Video
    X