Surabaya 24 HoursPresiden Jokowi Pimpin Apel Hari Santri Nasional 2023 di Tugu Pahlawan Surabaya 

Presiden Jokowi Pimpin Apel Hari Santri Nasional 2023 di Tugu Pahlawan Surabaya 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin Apel Hari Santri Nasional (HSN) 2023 di Tugu Pahlawan Surabaya, Jawa Timur (Jatim) pada Minggu (22/10/2023) pagi. Jokowi didampingi sang istri Iriana. 

Pantauan aspirasivirtual.com, Joko Widodo tiba pukul 06.10 WIB dengan mengenakan baju putih, jas dan peci hitam, serta sarung berwarna hijau. Sementara Iriana nampak mengenakan pakaian dan kerudung penutup serba putih. Sholawat tak henti dikumandangkan oleh ribuan santri yang telah memadati lokasi, mengiringi kedatangan Kepala Negara Indonesia. Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi bertindak sebagai Inspektur Upacara Apel Hari Santri, sementara bertindak sebagai komandan apel adalah Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut). 

“Kepada pembina apel hormat grak,” instruksi komandan apel saat Jokowi menempati podium.

Adapun apel yang dimulai pada pukul 06.25 WIB tersebut berjalan dengan khidmat, dengan diawali penyanyian Indonesia Raya dilanjut mars PBNU. 

“Untuk mengenang jasa pahlawan mengheningkan cipta dimulai,” ucap Jokowi instruksikan mengheningkan cipta. 

Pada agenda ini, dilaksanakan pula pembacaan Resolusi Jihad oleh Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf. Serta, pembacaan doa oleh Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar. 

Lebih lanjut, beberapa jajaran pejabat pemerintah hingga tokoh ulama Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) juga nampak hadir dan ikut serta dalam apel. Di antaranya yakni Jenderal Listyo Sigit Kapolri, Laksamana TNI Yudo Margono Panglima TNI, Yaqul Cholil Qoumas Menteri Agama, Prabowo Subianto Menteri Pertahanan, Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan, Erick Thohir Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Puan Maharani Ketua DPR RI, dan Yahya Cholil Staquf Ketua Umum PBNU, serta lainnya. 

Adapun tema Hari Santri Nasional 2023 adalah “Jihad Santri Jayakan Negeri” yang memiliki maksud untuk merayakan semangat dan dedikasi para santri sebagai pahlawan pendidikan dan perjuangan kebodohan.

Antusias para santri untuk hadir pada kegiatan ini sangat tinggi. Beberapa di antaranya rela berangkat dini hari demi memastikan dapat mengikuti rangkaian upacara apel dengan khidmat. Seperti Raihan (25), salah seorang peserta asal Pamekasan yang mengaku tiba di lokasi pukul 00.30 WIB. 

“Saya dan rombongan berangkat pukul 22.00 WIB, dan sampai di sini jam setengah satu,” tuturnya.

konten eksklusif

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Artikel terbaru

Berita terkait