June 25, 2024
Jalan Yos Sudarso No. 18 - 22 Surabaya
Blusukan

Perpustakaan B.I: Nikmati Pengalaman Baca Buku dengan Suasana Tempo Dulu

Perpustakaan menjadi pilihan tepat bagi mereka yang ingin mengerjakan tugas atau sekedar membaca buku tanpa harus mendapatkan distraksi dari lingkungan sekitar. Seperti halnya salah satu perpustakaan di tengah kota Surabaya ini. Selain menawarkan suasana sunyi dan tenang, juga memberikan pengalaman seperti berada di masa kolonial dahulu.

Adalah Perpustakaan Bank Indonesia. Perpustakaan ini berlokasi di Jalan Taman Mayangkara No. 6, Darmo, Kota Surabaya, tepat berada di seberang pintu masuk Kebun Binatang Surabaya. Sebelum menjadi seperti sekarang, bangunan ini dulunya merupakan bekas Museum Mpu Tantular, yang kemudian dialihfungsikan menjadi perpustakaan pada tahun 2012 silam.

Areal Perpustakaan Bank Indonesia terlihat luas dengan taman yang mengelilingi bangunan perpustakaannya. Gedung itu sendiri masih mempertahankan model arsitektur zaman kolonial, baik dari segi interior maupun eksteriornya. Hal ini dapat nampak salah satunya melalui jendela-jendela besar khas rumah-rumah tempo dulu.

Perpustakaan difasilitasi dengan sarana yang mendukung pula agar pengunjung betah berlama-lama di dalamnya, seperti komputer, wi-fi, co-working space, serta ruangan  ber-AC. Selain itu, Perpustakaan Bank Indonesia juga memiliki koleksi buku bacaan yang terbilang cukup lengkap. Bahkan, untuk menambah kesan edukatif, di tiap-tiap sudut ruangannya pengunjung dapat dengan mudah menjumpai informasi terkait perbankan dan sejarah.

Audi, seorang siswi SMA yang merupakan pengunjung Perpustakaan Bank Indonesia mengaku kerap mengunjungi perpustakaan ini, entah itu untuk me-time dengan membaca buku ataupun keperluan merampungkan tugas sekolah.

“Soalnya enak aja di sini, selain enggak ramai dan bisa fokus, aku juga dapat suasana baru di sini karena tempatnya bersejarah,” ujar Audi saat ditemui langsung di lokasi (17/2/2023).

Sebelumnya, ketika baru dibuka kembali setelah dua tahun pandemi, perpustakaan hanya melayani pengunjung terbatas di hari Selasa dan Kamis saja. Untuk sekarang, perpustakaan ini buka dari hari Senin hingga Sabtu, pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Akses menuju ke lokasi pun cukup mudah, selain disediakan area parkir yang luas, pengunjung juga bisa datang ke lokasi dengan naik Suroboyo Bus.

    X