May 20, 2024
Jalan Yos Sudarso No. 18 - 22 Surabaya
Perspektif

Pemkot Bangun 6 Rumah Pompa Baru Untuk Atasi Genangan, Ini Tanggapan Dewan

Sejumlah proyek drainase penanggulangan genangan di Kota Pahlawan tahun 2023 ini masuk di tahap lelang. Salah satunya yakni pembangunan enam rumah pompa baru di wilayah Undaan, Siola, Kebraon, Bozem Aquatic, Tambaksumur dan Pagesangan.

Upaya-upaya penanggulangan genangan ini disambut positif oleh anggota dewan. Asalkan tujuannya baik untuk warga, anggota Komisi C Abdul Ghoni Mukhlas menuturkan upaya ini untuk mencari solusi persoalan lingkungan.

“Pada dasarnya kami setuju (pembangunan enam rumah pompa baru, red) dalam rangka mencari solusi persoalan lingkungan. Namun upaya pemkot ini juga harus didukung warganya,” kata Abdul Ghoni Mukhlas di kantor DPRD Kota Surabaya, Rabu (15/2/2023).

Artinya apa, lanjut Abdul Ghoni, pola dan gaya hidup warga Kota Surabaya juga harus diubah ke arah yang lebih maju. Misalnya, gaya hidup warga sudah harus bisa menjamin bahwa membuang sampah itu bukan di sungai atau di kali, tapi di tempat sampah.

“Kalau gaya hidup warga, mindsetnya masih membuang sampah di sungai, ya repot. Membangun kota ini tidak bisa secara individu, harus dilakukan secara kolektif  (bersama),” imbuh politikus PDIP ini.

Ia berharap pemkot bisa mengkaji persoalan genangan ini secara keseluruhan. Menurutnya, kerja sama lintas Oganisasi Perangkat Daerah (OPD) sangat mempengaruhi efektivitas upaya-upaya penanggulangan genangan.

“Saya berharap pemkot mengkaji secara keseluruhan persoalan ini. Misalnya ada kerja sama lintas OPD supaya pantauan pengawasan lebih mudah,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pematusan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Surabaya mengatakan, penanggulangan genangan di Kota Pahlawan dilakukan berdasarkan wilayah.

“Seperti di wilayah kerja rayon Genteng, itu dimulai dari kawasan Surabaya Utara sampai Timur. Jadi mulai kawasan Perak, Tambak Wedi, Lebak, Mulyorejo sampai Kalisari,” ujar Eko Juli Prasetyo.

Tahun 2023 ini, lanjut Eko, pemkot juga berencana menambah kapasitas rumah pompa. Artinya ada penambahan kapasitas rumah pompa dari kecil ke besar.

“Misal di rumah pompa Kedurus kapasitas 1,5 kubik, di-upgrade menjadi 5 kubik. Kemudian rumah pompa Pahlawan tahun kemarin terakomodir satu pompa selat yang kapasitas 0,25 kita tambah satu unit pompa dengan kapasitas 3 meter kubik,” paparnya. (Nor)

    X