May 20, 2024
Jalan Yos Sudarso No. 18 - 22 Surabaya
Blusukan

Pamerkan Karya Seni dan Budaya di Balai Pemuda, Gratis!

Kabar baik untuk para siswa dan seniman di Kota Pahlawan. Sejalan dengan pulihnya aktivitas pasca pandemi, kini Alun-Alun Kota Surabaya  dan Balai Pemuda dibuka untuk umum. Bahkan, siapapun 

bisa menampilkan karya seni dan budaya. Gratis!

“Balai Pemuda, Gedung Balai Budaya itu wes gratisno (gratiskan, red) dibuat para seniman ini menampilan karya. Saya ngga ingin menggaungkan Balai Pemuda sebagai tempatnya anak muda, tapi ngga ada tampilan seni dan budaya,” kata Walikota Surabaya, Eri Cahyadi, Senin (5/9/2022).

Menurutnya, kesenian seperti ludruk, parikan, tari tradisional dan budaya khas Surabaya harus dilestarikan. Terutama di kalangan anak muda, pemkot ingin berbagai karya kreasi seni dan budaya didorong, dioptimalkan dan didukung keberadaannya.

Eri tidak menepis bahwa pemkot pernah membubarkan segala kegiatan di Balai Pemuda. Bahkan, gedung Balai Pemuda sempat ditutup untuk umum untuk menghindari keramaian. Itulah kondisi selama pandemi Covid-19.

“Nah sekarang Balai Pemuda sudah dibuka kembali untuk pertunjukan. Harapannya pengunjung bisa melihat ludruk, pertunjukan tari dan sebagainya. Seniman bisa tampil secara bergantian,” tambah Eri.

Dalam komplek Alun-Alun Surabaya atau Balai Pemuda terdapat rumah kreatif. Ini merupakan wadah untuk pelajar yang ingin mengikuti pelatihan seni dan budaya, mulai dari tari, parikan, ludruk, gamelan dan sebagainya. Ada tutor yang akan melatih para pelajar sesuai minat. Pelajar yang telah terdaftar di Rumah Kreatif ini juga difasilitasi tempat untuk menampilkan karya di Gedung Balai Budaya di Taman Prestasi juga di Jalan Tunjungan. Rumah kreatif buka di hari sabtu dan minggu. (Nor) 

    X