July 25, 2024
Jalan Yos Sudarso No. 18 - 22 Surabaya
Profil Dewan

Mochamad Machmud, Loper Koran yang Kini Raih Suara Terbanyak di DPRD Surabaya

Seorang anak yang dulu meraup rezeki dari kerja menjadi loper koran, kini berhasil meraih kursi legislator DPRD Kota Surabaya. Bahkan, pria yang akrab disapa M Machmud ini sukses mengantongi suara terbanyak untuk menduduki jabatannya di Yos Sudarso.

Melihat hasil rekapitulasi KPU Surabaya, Mochamad Machmud ini suaranya mengungguli caleg lain. Machmud meraih 17.066 suara mengalahkan 49 caleg terpilih lainnya di DPRD Surabaya.

Machmud merupakan caleg petahana. Ia bukan sosok baru dalam lingkungan politik di Kota Pahlawan. Jika dilantik pada September 2024 nanti, terhitung Machmud menjadi anggota dewan untuk periode ke empat.

Perjalanan hidup Machmud bukan tanpa perjuangan dan keringat. Bahkan ia harus menaklukan kerasnya kehidupan jalanan Surabaya sejak duduk di bangku Sekolah Dasar.

“Anak yang 5 tahun ditinggal orang tuanya. Ngintir dari bis ke bis jual koran. Tiap hari tidur di terminal. Yang resah tiap matahari terbit harus bekerja lagi. Alhamdulillah sekarang terus mendapat kepercayaan warga untuk jadi wakil rakyat,” kenang Machmud saat ditemui di kantornya di Komisi A DPRD Surabaya, Rabu (5/6/2024).

Machmud menjadi caleg favorit di Dapil 5 yang meliputi Kecamatan Asemrowo, Tandes, Pakal, Benowo, Sambikerep, Lakarsantri, Karangpilang, Wiyung, dan Dukuh Pakis. Tahun 2009 pertama kali Machmud terpilih menjadi legislator dan jabatan Ketua Komisi B. Di tengah periode Machmud bahkan berkesempatan menjadi Ketua DPRD Surabaya.

Dalam perjalanannya, Demokrat tak lagi mendominasi di DPRD Surabaya. Saat itu pula kedudukan Machmud terimbas.

Meski begitu, Machmud terus menjadi kepercayaan warga. Janjinya menjadi wakil rakyat tak pernah berkurang. Selama 24 jam pintu rumah Machmud selalu terbuka untuk warga.

“Saya ini 24 jam terbuka untuk warga. Warga bisa main ke rumah saya. Di depan rumah ada tenda aspirasi. Semua warga yang janjian, pasti ketemu saya. Saya ngga pernah susah ditemui,” ujar pria 56 tahun ini.

Pada 2019 lalu, peraihan suara Machmud memang melejit hingga 19.327 suara. Namun angka tersebut masih kalah dengan peraihan suara Baktiono yang mencapai 22.164 suara. Namun pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024, semua berbalik. Machmud paling unggul. Machmud bahkan mengungguli sejumlah politisi pendatang baru yang masuk lima besar peraih suara terbanyak.

Berikut lima besar peraih suara terbanyak :

1. Machmud (Demokrat) 17.066 suara

2. Yuna Bagus Widyatmoko (Gerindra) 16.872 suara

3. Arjuna Rizki Dwi Krisnayana (PDIP) 16.157 suara

4. Baktiono (PDIP) 16.049 suara

5. Muh Faridz Afif (PKB) 15.576 suara

(Nor)

    Leave feedback about this

    • Quality
    • Price
    • Service

    PROS

    +
    Add Field

    CONS

    +
    Add Field
    Choose Image
    Choose Video
    X