July 13, 2024
Jalan Yos Sudarso No. 18 - 22 Surabaya
Blusukan

Koleksi Unik Museum Olahraga, Penghargaan bagi Atlet Kebanggaan Surabaya

Berkunjung ke museum, nampaknya menjadi sarana edukasi dan hiburan yang tengah digandrungi anak-anak muda. Tak hanya menambah wawasan tentang sejarah Indonesia, kini berfoto dengan latar belakang artsy juga menjadi tren yang menjamur di sosial media. Tawarkan sensasi yang berbeda, Museum Olahraga menjadi salah satu museum yang ramai dikunjungi oleh masyarakat Surabaya. Museum yang berlokasi di Jalan Indragiri, Darmo, Kecamatan Wonokromo ini terhitung masih baru, mengingat baru diresmikan pada bulan Mei tahun 2021. 

Terdiri dari 2 lantai, museum ini pamerkan 235 jenis koleksi unik tentang sejarah kejayaan atlet kebanggaan Kota Pahlawan. Koleksi-koleksi ini terdiri dari 169 buah bukti historikal, 65 buah tanda penghargaan, dan 1 benda berunsur teknologi kekinian. Menariknya, kamu bisa temukan banyak wawasan baru seputar sejarah olahraga hingga biografi lengkap para atlet terkenal di sini. 

Berbagai cerita perjuangan puluhan atlet dari dua belas (12) cabang olahraga dapat kamu baca dengan seksama. Tak heran jika museum ini digemari pengunjung dari beragam usia. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, khususnya pencinta olahraga, tertarik untuk datang dan saksikan langsung koleksi-koleksi menariknya. 

Selain menyimpan cerita kejayaan, arsitektur museum yang mengusung konsep heritage ini juga berhasil memikat para pengunjung yang datang. Bangunan bergaya Belanda dengan corak merah bata ini memberi kesan vintage ketika kamu tiba di lokasi. Meski demikian, kamu akan dikejutkan dengan tata ruang yang modern dan indah ketika masuk ke dalam museumnya. Seluruh koleksi tertata rapi dengan pencahayaan yang tepat di dalam kotak kaca. Mulai dari sepatu, baju, bola, hingga puluhan medali yang berhasil dimenangkan nampak mengesankan di sana. 

Pada lantai satu, kamu akan disuguhkan dengan fakta-fakta sejarah olahraga, contoh alat olahraga tradisional, sarana olahraga, hingga sejarah Pekan Olahraga Nasional (PON). Berbagai cerita, potret stadion, hingga cendera mata khas kejuaraan tersedia di sana. Puas menikmati koleksi di lantai satu, kamu bisa berlanjut menyusuri lorong dan menaiki anak tangga menuju lantai kedua. Di sana kamu akan dimanjakan dengan berbagai koleksi pribadi milik para atlet terkemuka. Mulai dari raket yang digunakan atlet badminton Alan Budi Kusuma, foto-foto kemenangan Rudy Hartono ketika memenangi All England ke delapan (8) kalinya, juga alat panah, hingga perlengkapan panjat tebing setiap atlet tertata indah di sana.  

Suasana ruang yang sangat nyaman, dengan tambahan adanya musik-musik khas pertandingan akan membuatmu betah berlama-lama. Menariknya lagi, kamu tak perlu membayar sepeser pun untuk masuk ke dalam museum ini. Cukup dengan melakukan registrasi melalui website resmi tiketwisata.surabaya.go.id, kamu dapat belajar sejarah, dan menikmati atmosfer perjuangan para atlet tersohor Indonesia. Bagi para pemburu konten, kamu juga bisa hasilkan konten paling menarik di sini. Setiap sudut museum nampak estetik dengan pencahayaan yang tepat dan memberi kesan elegan. Jadi, kapan nih kamu akan berkunjung ke Museum Olahraga Surabaya?  

    X