Surabaya 24 HoursUpacara Hari Pahlawan ke-78 Sukses Digelar, Eri Cahyadi Ajak Warga Perangi Kemiskinan...

Upacara Hari Pahlawan ke-78 Sukses Digelar, Eri Cahyadi Ajak Warga Perangi Kemiskinan dan Kebodohan

Pemerintah Kota Surabaya telah sukses menggelar Upacara Hari Pahlawan ke-78 bertema ‘Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan’ sekaligus Hari Kesehatan Nasional ke-59 bertema ‘Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju’ pada Jumat (10/11/2023).

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berperan sebagai inspektur upacara. Turut hadir pula Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), jajaran anggota DPRD Kota Surabaya, beserta warga Surabaya penerima undangan yang telah memadati halaman Balai Kota sejak pagi hari, tak lupa dengan mengenakan pakaian ala pejuang tempo dulu.

Setiap rangkaian acara diikuti oleh para peserta maupun tamu undangan dengan sangat khidmat. Selepas mengibarkan bendera Merah Putih, pesan-pesan para pahlawan nasional kemudian dikumandangkan secara bergiliran, di antaranya adalah pesan dari Ki Hajar Dewantara, Jenderal Sudirman, R.A Kartini, dan masih banyak lagi.

Memasuki sesi penyampaian amanat, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyampaikan alasan yang melatarbelakangi tema besar Hari Pahlawan yang diusung tahun ini.

“Tema ini diangkat melalui renungan mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata, mengingat kita merupakan bangsa yang besar dan dikaruniai Sumber Daya Alam yang luar biasa.”

Eri juga memberikan motivasi pada seluruh warga Kota Surabaya agar mampu bangkit bersama meraih kemerdekaan dari ancaman yang berupa kemiskinan dan kebodohan.

“Ancaman ini akan kita taklukkan berbekal semangat yang sama seperti yang dicontohkan para pejuang 10 November 1945, tidak mudah memang, tapi pasti bisa karena pahlawan bangsa mengajarkan kita nilai perjuangan, nilai yang jika diikuti niscaya membawa jejak kemenangan,” ujar Eri melalui sambutannya.

Rangkaian upacara Hari Pahlawan ini kemudian ditutup dengan penampilan seni Tari Laskar Sawung Timur Surabaya dan Drumband Genderang Suling Gita Jala Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL).

konten eksklusif

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Artikel terbaru

Berita terkait