April 13, 2024
Jalan Yos Sudarso No. 18 - 22 Surabaya
Surabaya 24 Hours

Uji Coba Mobil Listrik akan Berakhir, Apakah Lanjut Menjadi Sebagai Transportasi Publik Baru di Surabaya?

Sebanyak 7 unit bus listrik tengah dilakukan uji coba mulai 7 November hingga Februari 2024 di jalanan Kota Pahlawan. Selama tahap uji coba ini, masyarakat bisa menikmati moda transportasi baru berwarna hijau tosca tersebut secara gratis. Nantinya setelah dievaluasi, Pemkot Surabaya berencana melakukan peralihan bus diesel ke listrik.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan pihaknya akan menggandeng perusahaan melakukan konversi. Sehingga tidak membuat APBD menjadi bengkak.

“Nanti kita akan melakukan BTS (Buy the service), jadi seluruh bus listrik 2024 akan kita lakukan BTS dengan perusahaan, sehingga tidak membenami APBD kita,” kata Eri.

Tak hanya itu, menurut Eri akan ada penambahan 3 unit bus listrik, sehingga total ada 10 unit kendaraan listrik mengaspal di jalanan Surabaya.
listrik.

“Semuanya (Bus). Masih dalam kajian dishub langsung semuanya atau setengah dulu. Yang akan disampaikan nanti saat paparan di depan saya,”  tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dishub Kota Surabaya Tundjung Iswandaru mengatakan, uji coba armada tersebut juga merupakan salah satu bentuk komitmen Pemkot Surabaya dalam menekan polusi. 

Untuk  diketahui, bus listrik ini sempat digunakan transportasi pada piala dunia U-17 November silam. Ukuran bus listrik yang sedang diuji coba juga berbeda-beda. Ada ukuran bus mini hingga mirip feeder.

Disisi lain, Kasi Angkutan Jalan dan Penumpang Dishub Kota Surabaya Ali Mustofa menuturkan, biaya operasional bus listrik lebih murah empat kali lipat dibandingkan dengan bus biasanya.

“Kita tes di tiga rute. Ukuran besar dari Terminal Purabaya-Rajawali, ukuran sedang dari TIJ (Terminal Intermoda Joyoboyo) ke Rajawali, kalau yang kecil rute Terminal Bratang-Stasiun Pasar Turi (sebagai Wira Wiri). Semuanya lancar,” ungkap Ali.

Setelah masa uji coba berakhir pihak Dishub Surabaya akan merumuskan hasil evaluasinya dan siap melanjutkan kerja sama dengan konsep BTS bersama PT Kalista Nusa Armada jika semuanya berjalan dengan lancar.


    X