July 13, 2024
Jalan Yos Sudarso No. 18 - 22 Surabaya
Surabaya 24 Hours

Surabaya Raih Juara Umum Porprov Jatim ke Delapan Kali, Berikut Cerita Atlet Peraih Medali

Kota Pahlawan kembali mencatatkan prestasi. Kali ini giliran Kontingen Surabaya yang berhasil membawa pulang gelar juara umum pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jawa Timur 2023. Menariknya, gelar bergengsi ini telah diterima delapan kali berturut-turut oleh Surabaya sejak Porprov pertama terlaksana.

Pengumuman juara umum itu disampaikan pada Closing Ceremony Porprov Jatim 2023 yang digelar di Stadion Gajah Mada Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Sabtu (16/9/2023) malam. Piala Juara Umum itu diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jawa Timur Adhy Karyono kepada Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Surabaya Agus Imam Sonhaji. Kota Surabaya berhasil menjadi juara umum untuk yang kedelapan kalinya setelah mengumpulkan 163 emas, 125 perak dan 110 perunggu dengan total 1.012 poin. 

“Alhamdulillah Surabaya kembali menjadi juara umum di Porprov Jatim 2023 ini, dan alhamdulillah juga target kita 150 medali emas terlampaui juga, karena kali ini kita mendapatkan 163 emas,” kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Minggu (17/9/2023).

Menurutnya, keberhasilan ini akan menjadi semangat tersendiri bagi arek-arek Suroboyo. 

“Perjuangan kita saat ini adalah jumlah medali yang harus kita tunjukkan. Semakin banyak medali maka kita akan memperkokoh kota kita ini bahwa Surabaya Kota Olahraga, bahwa Surabaya Kota Atlet yang luar biasa,” tegasnya.

Dilansir surabaya.go.id, Wali Kota Eri juga menegaskan bahwa setelah Surabaya Juara Umum dan target terlampaui, maka sudah saatnya dia menepati janjinya kepada para atlet, yaitu menyiapkan semua lapangan latihan untuk semua cabang olahraga yang dilombakan di Porprov Jatim. Bahkan, ia juga memastikan bahwa apabila Pemkot Surabaya tidak memiliki lapangan latihan khusus untuk salah satu cabor, maka pemkot akan menyewakannya.

Untuk diketahui, pada Porprov ke VIII ini, Surabaya mengirimkan 13.008 atlet untuk bertanding dalam 53 cabang olahraga. Salah satunya Layinatul Fitriyah, atlet cabang olahraga Kurash yang berhasil menyumbang emas untuk Surabaya pada Porprov 2023 ini. 

“Saya merasa sangat lega bisa ikut membanggakan Kota Surabaya,” celetuknya 

Persiapan menjelang Porprov Jatim 2023 ini diakuinya telah dimulai sejak awal tahun 2023 ini. 

“Proses latihannya sudah dimulai sejak bulan Januari lalu. Karena ini cabang olahraga baru, saya ditantang untuk cepat membiasakan diri. Beruntung proses latihannya efektif, jadi bisa cepat beradaptasi,” ungkap mahasiswa Universitas Negeri Surabaya ini. 

Tak berpuas diri, Fitri menargetkan diri dapat mencetak prestasi pada kejuaraan yang lebih besar lagi. 

“Saya berharap masih dapat meraih medali pada kompetisi-kompetisi Kurash yang lebih besar lagi,” tutupnya. 

    X