June 25, 2024
Jalan Yos Sudarso No. 18 - 22 Surabaya
Surabaya 24 Hours

Rumah Padat Karya Viaduct Gubeng Raih Omzet Rp 88 Juta

Rumah Padat Karya bikinan Pemerintah Kota Surabaya mulai menunjukkan hasil positif. Salah satu fasilitas untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) itu sudah mampu memberikan keuntungan bagi para pekerjanya. Yakni Rumah Padat Karya Viaduct Jalan Nias, Kecamatan Gubeng yang meraup omzet hingga Rp 88 juta per bulan. 

Sejak diresmikan pada 28 Mei 2022 , Rumah Pakar Viaduct Jalan Nias ini banyak diminati pengunjung terutama layanan coffee shop. Camat Gubeng Eko Kurniawan menuturkan, lokasi Rumah Pakar ini cukup strategis dengan model bangunan instagramable sehingga  diminati pengunjung untuk lokasi meeting. 

“Banyak digemari pengunjung karena suasananya seperti di rumah sendiri, cocok untuk ngopi, “ kata Eko, (11/7/2022). 

Rumah Pakar Viaduct Jalan Nias ini tak hanya memberikan layanan coffee shop, tetapi juga barbershop (cukur rambut) serta layanan cuci mobil dan motor. Dari tiga Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), baru layanan coffee shop yang banyak peminatnya. 

Menurut Eko, warga MBR yang bekerja di rumah Pakar masih membutuhkan pelatihan. Juga lokasi layanan cuci kendaraan kurang memadai. 

“Sementara ini hanya layanan coffee shop yang banyak peminat. Untuk barbershop, (tenaga kerja) warga MBR yang bekerja masih butuh pelatihan yang lebih mendalam. Sedangkan untuk cuci mobil dan motor, tempatnya belum memadai, rencananya di 2023 kami siapkan di Kantor Kelurahan Baratajaya, “ tambah Eko. 

Meski begitu, Eko optimis bahwa Rumah Pakar Viaduct Jalan Nias akan semakin berkembang. Untuk saat ini, lanjut Eko, hasilnya cukup memuaskan. Rumah Pakar Viaduct Jalan Nias meraup omzet Rp 88 juta per bulan. Omzet tersebut digunakan untuk gaji tenaga kerja, biaya operasional dan biaya-biaya peralatan lainnya. 

“Ada 23 MBR yang bekerja di sini, Masing-masing mendapatkan gaji sekitar Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta per bulan,” paparnya. 

Eko menambahkan, pihaknya terus berupaya untuk mempromosikan Rumah Pakar Viaduct Jalan Nias, termasuk melalui media sosial. Eko juga gencar menggandeng sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) untuk meningkatkan skill MBR yang bekerja di tempat tersebut. (Nor) 

    X