July 25, 2024
Jalan Yos Sudarso No. 18 - 22 Surabaya
Surabaya 24 Hours

Ribuan Penonton Padati Parade Bunga Surabaya Vaganza 2024 

Ribuan penonton memadati acara pawai Surabaya Vaganza yang telah sukses berlangsung pada sore ini, Minggu (26/5/2024). Acara ini merupakan pawai budaya dan parade bunga yang termasuk dalam rangkaian event Hari Jadi Kota Surabaya atau HJKS ke-731. 

Dalam pawai tersebut nampak tiga wakil ketua DPRD Surabaya yakni Laila Mufidah, Reni Astuti, dan A Hermas Thony. Yang tak kalah menarik perhatian, kehadiran Walikota Surabaya Eri Cahyadi beserta istri Rini Indriyani. Keduanya serasi mengenakan busana adat manten pegon berwarna emas. 

Melalui sambutannya, Eri menuturkan bahwa Surabaya Vaganza 2024 mengusung tema The Chronicle of Surabaya yang menceritakan perjalanan Surabaya dari masa ke masa. Menurutnya sejarah kota ini penting untuk terus diingat warga Surabaya. 

“Orang Surabaya harus ingat bagaimana dulu Surabaya berdiri sebelum zaman kerajaan, kolonial, hingga sekarang. Orang Surabaya harus ingat bagaimana perjuangan para pendahulu mempertahankan kota Surabaya,” pekiknya. 

Eri juga berharap melalui ragam budaya yang ditampilkan pada Surabaya Vaganza 2024 ini dapat mendorong persatuan dan kerukunan warga Surabaya. 

“Kita bersama-sama menguatkan guyub rukun dan gotong royong di Surabaya. Tunjukkan orang Surabaya bukan keras hatinya tapi keras prinsipnya.” 

Sebelumnya, melalui keterangan yang disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Surabaya Hidayat Syah, Surabaya Vaganza kali ini melibatkan komunitas, masyarakat umum, swasta, BUMD dan perguruan tinggi untuk memeriahkan acara. 

“Jadi nanti ada 22 peserta pawai mobil hias, dan 22 peserta pawai budaya. Mereka berjalan beriringan dari rute Tugu Pahlawan hingga ke Balai Pemuda,” ujarnya. 

    Leave feedback about this

    • Quality
    • Price
    • Service

    PROS

    +
    Add Field

    CONS

    +
    Add Field
    Choose Image
    Choose Video
    X