July 10, 2024
Jalan Yos Sudarso No. 18 - 22 Surabaya
Blusukan

Peringati Bulan Bung Karno, Pemkot Surabaya Gelar Pameran di Museum Basement Alun-Alun Surabaya

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya, tengah menggelar pameran foto bertajuk “Bung Karno Arek Suroboyo” di Basement Alun-Alun Surabaya. Pameran ini digelar bertepatan dengan peringatan Bulan Bung Karno, guna mengenang jasa-jasa Sang Proklamator. Pameran ini berlangsung selama 15 hari, tepatnya sejak tanggal 15-30 Juni 2023. Tak dikenakan HTM, anda bisa datang menyaksikan pameran secara gratis, lho! 

Lebih dari 50 karya ditampilkan pada Pameran Foto Putra Sang Fajar tersebut. Berbagai potret bersejarah mulai dari Soekarno remaja, foto bersama keluarga, hingga berbagai dokumentasi perjalanan dinas di dalam maupun luar negeri dipamerkan. Penataan yang sangat rapi, lengkap dengan berbagai deskripsinya membuat setiap pengunjung senang belajar sejarah di sana. 

Asher (22), salah satu pengunjung  merasa bahwa pameran tersebut sangat menarik dan menambah pengetahuannya. 

“Menarik sih.  Selama ini saya tahu sejarah Soekarno hanya berdasarkan cerita buku saja, dan melalui pameran ini akhirnya bisa mendapat gambaran visualnya. Jadi berbagai cerita sejarah yang selama ini didengar terasa semakin nyata.”ujarnya. 

Uniknya, pada pameran ini bahkan ditampilkan pula video visualisasi perjuangan Soekarno, ketika hendak mengumandangkan proklamasi kemerdekaan. Tampilan ini berhasil menghidupkan suasana. Para pengunjung dijamin merinding deh! 

Tak hanya karya yang menakjubkan, tatanan rapi dan fasilitas mumpuni dari museum basement ini juga mendapatkan apresiasi dari para pengunjung. 

Eta (21), salah satu warga Sidoarjo yang hadir langsung bersama adiknya mengungkapkan bahwa ia betah berlama-lama di museum tersebut.  

“Penataan dan pencahayaan museumnya sangat elegan. Fasilitasnya juga lengkap mulai dari toilet yang nyaman, banyak tempat duduk, juga banyak stopkontak. Nyaman sekali untuk lihat-lihat karya.”

Tak heran jika museum ini selalu ramai dengan para pengunjung, sejak pagi hingga malam hari. Tak hanya anak muda, banyak orang tua yang membawa anak dan cucunya pula untuk saksikan pameran, dan mempelajari sejarah Indonesia di sini.   

    X