April 17, 2024
Jalan Yos Sudarso No. 18 - 22 Surabaya
Blusukan

Menara Masjid Al Akbar, Tawarkan Sensasi Ngabuburit dengan City View Surabaya

Bulan suci ramadhan telah tiba. Bersantai, ngobrol, atau ngabuburit bersama teman dan keluarga biasa menjadi kegiatan andalan sembari menunggu waktu berbuka. Tak hanya wisata belanja, Kota Pahlawan juga sediakan wisata religi tersohor, yakni Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Masjid yang telah diresmikan sejak tahun 2000 ini, merupakan masjid terbesar di Jawa Timur, dan menjadi yang terbesar kedua di seluruh Indonesia. Tak hanya itu, masjid ini juga khas dengan bangunan menara setinggi 99 meter, yang menyediakan panorama keindahan Kota Pahlawan dari ketinggian.  

Penasaran akan sensasi yang ditawarkan, Aspirasi Virtual berkesempatan untuk datang dan menilik langsung keindahannya. Sampai di lokasi, pengunjung akan disapa oleh petugas yang siap mengantar menuju gardu pandang. Spot unik ini terletak tepat di lantai tiga (3). Tak perlu khawatir kelelahan, pengelola telah menyediakan lift bagi setiap pengunjung yang datang. Di dalam lift inilah akan dilakukan penarikan tiket oleh petugas, sebesar Rp7 ribu rupiah saja. 

Nampak sangat tinggi, anda tak perlu bergidik ngeri karna setiap pengunjung pasti terjamin keamanannya. Gardu pandang dengan dinding kaca, akan dibatasi maksimal 50 pengunjung saja dalam sekali waktu. Anda memiliki waktu kurang lebih 30 menit, sebelum nantinya bergantian dengan pengunjung lain. Di sini anda dapat menikmati keindahan city view Surabaya dengan seksama, dan pastinya berfoto bersama. 

Setiap pengunjung yang datang mengaku kagum dengan panorama yang ditawarkan. Salah satunya Ninis (33) yang sore itu datang bersama suami dan kedua anaknya. “Dulu pernah ke sini sebelum pandemi. Berhubung habis direnovasi akhirnya datang lagi ajak anak-anak. Anak-anak senang lihat pemandangannya.” Ujar ibu rumah tangga yang datang langsung dari Sidoarjo itu. Tak hanya Ninis, pengunjung Masjid Nasional Al Akbar selalu berasal dari daerah yang berbeda-beda dan tak terbatas pada masyarakat Surabaya saja. 

Puas menikmati keindahan Surabaya dari ketinggian, anda bisa berjalan santai di Edupark, Taman Peradaban dan Taman Asmaul Husna yang ada di area masjid. Ketiga taman ini menyediakan fasilitas dan sensasi wisata yang berbeda-beda. Area Edupark khas dengan aneka tanaman hijau, hias, juga TOGA yang lengkap dengan masing-masing deskripsinya. Udaranya yang segar dan suasana yang teduh akan membuat anda betah berlama-lama. Tak hanya itu, Edupark juga cocok dikunjungi bersama anak-anak, karena dapat sekaligus memperkenalkan berbagai jenis dan manfaat tanaman yang tersedia.

Selanjutnya, anda dapat ngabuburit asyik di Taman Peradaban yang menyediakan berbagai replika wisata ikonik di Indonesia. Mulai dari Jembatan Suramadu, Malioboro, hingga Tugu Pahlawan dapat anda saksikan di sini. Pastinya dalam ukuran yang lebih mini, ya! Taman Peradaban juga menyediakan area skateboard mini, yang akan membuat anak semakin bersemangat. 

Terakhir, mampir ke Taman Asmaul Husna juga tak akan mengecewakan. Taman ini khas dengan lima pilar rukun islam, 99 pilar asmaul husna, serta lima pilar mozaik Wali Songo. Belajar di tempat indah dapat membuat anak lebih nyaman dan senang, nih! 

    X