June 25, 2024
Jalan Yos Sudarso No. 18 - 22 Surabaya
Blusukan

Lomba Perahu Layar di Kenjeran Jadi Daya Tarik Wisata

Puluhan perahu berjejer di sisi timur Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran Surabaya. Perahu kayu dengan layar putih itu tertiup angin sepoi mendatangkan hiruk penonton. Mereka ingin menyaksikan kelihaian nelayan membawa perahunya kembali di titik finish dengan waktu tercepat.

Perlombaan perahu layar ini sengaja digelar untuk menarik wisatawan. Kawasan Kenjeran yang sudah dilengkapi dengan keelokan jembatan Suroboyo kian meraup perhatian warga. Anak-anak mulai beradu perahu mana yang akan menang. Sambil berjoget, mereka menunggu kedatangan puluhan perahu layar itu sampai di bibir pantai.

Pagi itu arah angin tak menentu. Tapi para nelayan yang menjadi peserta lomba tak surut semangatnya. Mereka melepas jangkar, mengarahkan layar, dan mengikuti kemana angin membawa bahteranya pergi. Yang tercepat sampai di finish, dia yang akan meraih Piala Walikota Surabaya.

Riuh peserta dan pengunjung THP Kenjeran rupanya tidak berhenti di situ. Sisi utara pantai terlihat para pengunjung dihibur lomba panjat pinang, gobak sodor putri, gebuk bantal, tarik tambang dan estafet tradisional. Bahkan Walikota Surabaya Eri Cahyadi ikut menjadi peserta beregu lomba tarik tambang. Eri bersama jajarannya mewakili pemerintah kota bertanding melawan tim dari Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

“Jadi lomba ini adalah semangat untuk terus berkorban dengan berkobar-kobar untuk kemerdekaan Indonesia,” tutur Eri, Sabtu (12/8/2022).

Eri memastikan rangkaian kegiatan lomba HUT RI ini akan menjadi evet tahunan. Ia melihat, antusias nelayan, warga sekitar dan pengunjung THP Kenjeran sangat antusias. 

“Agak deg-degan ya tadi melepas lomba perahu layar karena ombak agak besar. Tapi saya melihat nelayan dan warga sangat antusias. Saya harap semangat yang bisa kita terapkan dalam lingkungan kita sebagai pemerintah bersinergi dengan masyarakat melalui lomba ini,” tambahnya.

Sepanjang hari itu, terlihat keceriaan banyak pihak. Mulai dari para UMKM yang sumringah karena dagangannya laris, anak-anak yang bisa bermain di pantai, dan keluarga yang menikmati wisata perahu.

“Memang ini (lomba perahu layar, red) salah satu yang kita tawarkan. Kita juga sedang kerja mengembangkanwilayah pantai ini. Baik di THP Kenjeran sisi utara maupun selatan, penataan UMKM juga kita optimalkan,” pungkas Wiwiek Widayati Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olah Raga (Disbudporapar). (Nor) 

    X