BlusukanGratis dan Meriah, Yuk Intip Keseruan Berakhir Pekan di Surabaya Art &...

Gratis dan Meriah, Yuk Intip Keseruan Berakhir Pekan di Surabaya Art & Culture Festival 2023 

Sabtu (23/09/2023), sejak siang hari menjelang sore, penampilan kesenian jaranan telah menarik perhatian banyak pengunjung yang lalu lalang di kawasan kompleks Balai Pemuda Surabaya. Penampilan tersebut menjadi salah satu dari rangkaian agenda bertajuk Surabaya Art and Culture Festival 2023. 

Melalui laman Instagram @surabayasparkling, Surabaya Art and Culture Festival 2023 hadir selama tanggal 23 hingga 24 September. Berbagai kegiatan kesenian yang ditampilkan, mulai dari jaranan, dagelan, sampai pertunjukan angklung. Jadwal pertunjukan di hari Minggu pun tak kalah menarik, ada penampilan reog, musikalisasi drama dan teater, serta musik akustik. 

Penampilan kesenian jaranan dibawakan dengan sangat ciamik oleh komunitas Seno Manggolo Putro, yakni salah satu kelompok pegiat seni tradisional yang berbasis di Jawa Timur dan masih eksis hingga sekarang. Penampilannya sukses menyedot antusiasme dari masyarakat, tak hanya masyarakat Surabaya dan sekitarnya saja, tetapi juga beberapa wisatawan asing yang datang pada hari itu. 

Sebelum dimulai, penampilan jaranan dibuka dengan tari remo. Penampilan jaranan dibedakan menjadi dua, ada jaranan putri yang anggota-anggotanya tampil dengan lincah nan anggun, ada juga jaranan putra yang membawakan kesenian tersebut dengan sentuhan atraksi. Riuh semakin terdengar dari para penonton tatkala di penghujung penampilan, dimunculkan karakter singo barong. 

Langit malam surabaya semakin menambah kemeriahan dari festival seni dan budaya ini. Agenda dilanjutkan dengan penampilan band, kemudian diikuti dengan pertunjukan dagelan. Beberapa komedian senior grup srimulat seperti Miarsih dan Eko Londo hadir dan sukses mengocok perut para penonton melalui aksi jenaka mereka di atas panggung.

konten eksklusif

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Artikel terbaru

Berita terkait