June 25, 2024
Jalan Yos Sudarso No. 18 - 22 Surabaya
Surabaya 24 Hours

Disbudporapar Surabaya Berdayakan Pemuda Lewat Pelatihan Digital Marketing UMKM 

Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) mengadakan Pelatihan Digital Marketing untuk UMKM Pemuda Kota Surabaya. Seminar ini diadakan mulai Selasa, 20 Juni 2023 hingga Kamis, 22 Juni 2023 pada pukul 08.00 sampai 15.00 WIB. Berlokasi di Koridor Coworking Space Lantai 3 Gedung Siola. 

Yanuar Hermawan, selaku Kepala Bidang Kepemudaan Disbudporapar Kota Surabaya juga terlihat ikut hadir dalam Pelatihan Digital Marketing UMKM ini. Melalui sambutannya, Wawan (sapaan lekatnya), menuturkan acara ini digelar dalam rangka meningkatkan kualitas yang dimiliki oleh para pemuda di Surabaya, khususnya mereka yang saat ini bergerak di bidang UMKM. 

“Kegiatan ini sebenarnya telah kami selenggarakan sejak tahun 2019 dan setiap tahunnya di desain dengan berbagai macam tema yang berbeda. Dari adanya pelatihan ini, diharapkan mampu untuk mengembangkan daya saing, pengetahuan, skill, serta kapabilitas anak-anak muda di Surabaya,” jelasnya. 

Setelah dibuka dengan sambutan, kemudian berlanjut pada sesi pertama pemaparan materi yang membahas tentang topik membentuk pola pikir yang positif bagi para pelaku UMKM. Dengan yang bertindak sebagai penyaji materi adalah Kuswana Mandiri Septian. Mantan ketua Himpunan Muda Indonesia Kota Surabaya ini sebelumnya telah mendalami bidang ekonomi kreatif di Negeri Paman Sam selama beberapa waktu, sehingga banyak ilmu dan pengalaman menarik yang dibaginya selama kegiatan pelatihan berlangsung. 

“Sebenarnya digital marketing hanyalah alat, untuk menggerakkan itu semua, perlu yang dinamakan mindset atau pola pikir,” ujarnya di tengah pemaparan materi kepada para peserta seminar. 

Di sesi kedua pemaparan materi, Kuswana juga menjelaskan kepada para peserta mengenai teknis digital marketing. Bagaimana seorang pelaku UMKM perlu untuk memahami customer journey. Apa saja strategi yang harus diimplementasikan agar suatu brand UMKM dapat menjangkau target pasarnya secara tepat sasaran. 

Putri, salah satu peserta, mengaku dirinya cukup antusias dan mengapresiasi adanya kegiatan pelatihan digital marketing ini. 

“Saya sudah ada usaha tapi jangkauannya belum luas, harapannya dengan adanya pelatihan ini, ilmunya dapat saya terapkan ke usaha saya. Di sini saya pun bisa memperluas relasi juga,” katanya. 

Pelatihan Digital Marketing untuk UMKM ini dapat diikuti oleh siapapun, baik yang tengah merintis usaha ataupun yang masih awam dan belum memiliki usaha sama sekali. Dengan ketentuan sebagai berikut: berusia minimal 16 tahun dan tidak lebih dari 30 tahun, memiliki KTP Surabaya, serta belum pernah ikut dalam pelatihan serupa.

    X