April 14, 2024
Jalan Yos Sudarso No. 18 - 22 Surabaya
Surabaya 24 Hours

Canggih! Museum Pusat TNI AL Resmi Dibuka, Usung Teknologi 4.0 dan 5D Immersive Cinema 

Berekreasi di Kota Surabaya belum lengkap rasanya jika belum bertandang ke berbagai macam  museum yang ditawarkan kota pahlawan ini. Salah satunya adalah Museum Pusat TNI Angkatan  Laut Jalesveva Jayamahe yang baru-baru ini resmi dibuka untuk umum sejak Sabtu (20/01/2024). 

Berdirinya museum dimaksudkan sebagai sarana yang memudahkan masyarakat untuk  menelusuri jejak perjuangan para pahlawan dalam menjaga kedaulatan Bangsa Indonesia  terutama di ranah maritim. Museum yang berlokasi di Jalan Raya Hang Tuah No. 1, Ujung Perak,  Surabaya ini memiliki tiga fasilitas ruang pamer yakni Gedung Heritage dan Hanggar, Gedung  Teater, serta Gedung Replika KRI RE Martadinata. 

Bermacam koleksi penting dan bersejarah milik TNI Angkatan Laut mulai dari jaman kerajaan  hingga masa sekarang dipamerkan di museum ini. Tak hanya menjaga keamanan maritim di  Indonesia, ditampilkan pula informasi terkait partisipasi TNI Angkatan Laut dalam menjaga  perdamaian di kancah internasional.  

Menariknya, Museum Pusat TNI Angkatan Laut dirancang menggunakan konsep museum pintar  4.0. Konsep ini memanfaatkan teknologi seperti sensor tata cahaya, perangkat layar sentuh, dan  perangkat multimedia lainnya yang memungkinkan pengunjung untuk menikmati koleksi dan  informasi yang disajikan dengan lebih interaktif. 

Tak hanya itu, museum juga memiliki wahana khusus berupa 5D Immersive Cinema, di mana  melalui wahana canggih ini pengunjung bisa merasakan pengalaman dan sensasi pertempuran di  Laut Arafuru. 

Museum Pusat TNI Angkatan Laut buka dari hari Selasa sampai Minggu, mulai pukul 10.00 hingga 17.00. Tiket masuk reguler dibanderol seharga Rp15.000/orang dan tiket terusan theater sebesar  Rp25.000/orang. Sedangkan untuk tiket masuk wahana 5D Immersive Cinema sendiri yakni  Rp40.000/orang. Pemesanan tiket dapat dilakukan secara daring melalui website  museumtnial.id. 

    X