May 20, 2024
Jalan Yos Sudarso No. 18 - 22 Surabaya
Surabaya 24 Hours

Adventure Land, Wisata Ikonik Baru di Kota Pahlawan

Kota Pahlawan adalah julukan identik Kota Surabaya. Selain memiliki sudut-sudut kota bernilai histori, kota ini juga populer sebagai kota dagang lho. Harga sembako, pangan dan busana dari kota ini banyak dipasok ke luar pulau Jawa melalui Pelabuhan Tanjung Perak. Sekarang, kota yang sudah berumur 729 tahun di bulan Mei 2022 ini baru saja menelurkan lokasi wisata baru, keren!

Lokasinya ada di Surabaya Barat. Adventure land tepatnya berada di dekat Rusun Romokalisari, Kecamatan Benowo. Saat launching awal Oktober, ada tujuh wahana yang ditawarkan. Ada playground, mini zoo, arena berkuda, All Terrain Vehicle (ATV), kano dan sekoci di mangrove serta pengunjung bisa menjajal menaiki jetski.

Penasaran berapa tarif di setiap wahana itu? Tenang, Romokalisari Adventure membandrol harga tiket yang masih ramah di kantong. Misalnya wahana bebek-bebekan yang tersedia 10 unit di sana dibandrol dengan harga tiket Rp 10 ribu per orang selama 15 menit. Untuk lintasan berkuda, pengunjungan hanya harus merogoh kocek Rp 20 ribu untuk dua kali putaran. Wahana ini khusus untuk anak-anak dengan berat badan (BB) maksimal 50 kg.

Wahana ATV yang disukai pengunjung dewasa menawarkan dua kategori. Ada rute panjang dan rute pendek. Harga tiket ATV rute pendek Rp 25 ribu per orang untuk dua kali trip. Harga tiket ATV rute panjang Rp 50 ribu per orang untuk dua kali trip.

Lebih suka yang menantang? Wahana air dengan perahu harga tiketnya Rp 10 ribu/orang untuk satu kali trip. Nominal yang sama berlaku bila pengunjung ingin menaiki kano melintasi mangrove. 

Lokasi wisata baru di Surabaya ini juga berhasil mempekerjakan 100 orang yang termasuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Mereka adalah warga yang tinggal di rusun dan sekitar kelurahan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya Antiek Sugiharti menerangkan bahwa seluruh kegiatan di lokasi wisata dikolaborasikan dengan MBR. Sehingga nanti hasil penjualan tiket masuk wahana akan diberikan ke MBR.

“Hasil penjualan tiket akan diberikan ke MBR. Karena, harapan pemkot supaya MBR bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan,” kata Antiek.

Ia menyebutkan, Romokalisari Adventure Land ini berdiri di lahan seluas 76.769 meter persegi. Sebagian dari lahan tersebut telah dibangun wahana permainan, edukasi, serta lapak stand UMKM. Berbagai macam UMKM tersedia di lokasi seperti stand souvenir, olahan ikan asap, kuliner hingga alat pancing.

“Stand kuliner ada delapan macam. Pengunjung yang hobi memancing, juga bisa mancing di lokasi wisata. Ada penjual alat pancing, lengkap,” tutur Antiek.

Selain itu, Antik juga menambahkan bahwa pemkot masih menyiapkan wahana baru di Romokalisari Adventure Land. Diantaranya yakni kandang kelinci, kandang kura-kura, domba hias dan kandang burung.

“Serta aneka taman juga sedang kami siapkan,” pungkas Antiek. (Nor) 7

    X