April 19, 2024
Jalan Yos Sudarso No. 18 - 22 Surabaya
Surabaya 24 Hours

Sembako Murah di Pasar Gotong Royong Ramadan

Untuk mengatasi lonjakan harga sembako, Pemerintah Kota Surabaya menyiapkan Pasar Gotong Royong Ramadan. Berbagai distributor dan penggerak UMKM ikut andil dalam kegiatan ini.

Pasar Gotong Royong Ramadan dimulai pada Jumat dan Sabtu (8 dan 9 April 2022). Kegiatan ini berlangsung setiap akhir pekan selama bulan Ramadan di beberapa kecamatan di Surabaya. 

“Dimulai pada Jumat-Sabtu tanggal 8 dan 9 April. Jadi dimulai sekitar pukul 15.00 WIB atau habis Ashar, sampai selesai sekitar isya’,” kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan Fauzie Mustaqiem Yos di kantornya, Senin (4/4/2022).

Yos menjelaskan bahwa Pasar Gotong Royong Ramadan bertujuan untuk mempermudah akses warga mendapatkan kebutuhan bahan pokok. Sekaligus agar warga mendapatkan bahan pokok dengan harga yang lebih ekonomis.

“Pada skala yang lebih luas, kegiatan ini akan dapat menekan dampak fluktuasi harga dari kelangkaan komoditas bahan pokok yang saat ini memang dirasakan oleh masyarakat,” kata Yos.

Pasar Gotong Royong Ramadan digelar di lima lokasi, yaitu halaman parkir gedung YKP Penjaringansari Kecamatan Rungkut, Balai RW 2 Kelurahan Karangpilang Kecataman Karangpilang, halaman Gedung Pandansari Kecamatan Benowo, SWK Tanahmerah Kecamatan Kenjeran, dan halaman Gelanggang Remaja Kecamatan Tambaksari.

“Lokasi pasar ini memang bermacam-macam, tergantung kesiapan dari pihak kecamatan setempat,” tambahnya.

Yos menuturkan, para distributor seperti Bulog, Rajawali, dan Bimoli akan membawa produknya masing-masing. Termasuk para UMKM yang membawa produk berbeda-beda. Namun barang-barang yang dijual khusus Barang Kebutuhan Pokok Dan Barang Penting (Bapokting).

“Kami harap adanya pasar ini harga bahan pokok di pasaran mulai menurun dan stabil. Makanya kami melakukan ini tidak di pasar, tapi lebih didekatkan dengan warga, dan inilah filosofi dari pasar gotong royong,” katanya.

Yos menerangkan, kegiatan ini sebenarnya berlangsung rutin setiap tahun di bulan Ramadan. Karena  dua tahun ada pandemi Covid-19, maka selama itu vakum dan baru kembali dilaksanakan sekarang.

Di tempat yang sama, Camat Tambaksari Kota Surabaya, Laksita Rini Sevriani menyampaikan, ada 44 pelaku UMKM di wilayah Kecamatan Tambaksari yang terlibat dalam Pasar Gotong Royong Ramadan 2022. “Satu di antara pelaku UMKM yang terlibat itu disabilitas. Sedangkan lainnya, dari komoditi yang bekerja sama dengan Dinas Koperasi (Dinkopdag),” kata Laksita Rini.

Ia menjelaskan, pelaku UMKM yang terlibat dalam momen ini menawarkan banyak produk, mulai dari makanan dan minuman siap saji, aksesoris, fashion (pakaian) hingga berbagai macam kue untuk kebutuhan lebaran. “Produk makanan-minuman yang paling banyak, begitu juga dengan kue-kue lebaran,” ungkap dia. (Nor) 

    Leave feedback about this

    • Quality
    • Price
    • Service

    PROS

    +
    Add Field

    CONS

    +
    Add Field
    Choose Image
    Choose Video
    X