June 25, 2024
Jalan Yos Sudarso No. 18 - 22 Surabaya
Surabaya 24 Hours

Raih Perunggu, Surabaya Optimis Jadi Kota Ramah Pesepeda

Sebagai kota metropolitan, Surabaya sudah lama meraih berbagai penghargaan terkait isu lingkungan hidup. Surabaya juga sudah memiliki jalur sepeda di pusat kota. Sedikit demi sedikit, dengan semangat kekeluargaan dan gotong royong, Surabaya semakin berkomitmen menjadi kota ramah pesepeda. Inilah yang menjadi topik Walikota Eri Cahyadi saat menerima penghargaan kategori perunggu di acara World Bicycle Day sekaligus Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2022.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh perwakilan pengurus pusat Bike to Work (B2W) Indonesia. Eri sangat bangga, perayaan ini diikuti oleh ratusan warga yang berasal dari Surabaya, Sidoarjo dan Gresik. Hampir 100 komunitas pesepeda ini ikut melakukan rute bersepeda start dari Balai Kota Surabaya, Jalan Kapasan dan finish di Grand City Mall.

“Ada kebanggan tersendiri kita mendapat penghargaan peringkat ketiga (perunggu) sebagai kota ramah pesepeda,” kata Eri Cahyadi saat akan memberangkatan peserta bersepeda merayakan World Bicycle Day, Minggu (5/6/2022).

Eri optimis, bahwa seluruh jalan di Kota Pahlawan ini akan di-overlay di tahun 2023. Hal ini ditujukan untuk kenyamanan para pesepeda.

“Insya Allah tahun 2023 seluruh jalan di Surabaya diaspal (di-overlay). Sing sepedaan tambah enak. Lek tambah enak sepedaane (Kalau tambah enak sepedaannya), kudu entuk emas nggih (harus dapat penghargaan emas ya),” ujar Eri yang disambut riuh ratusan pesepeda di halaman Balai Kota Surabaya.

Diantara ratusan pesepeda itu, terdapat beberapa komunitas yakni komunitas B2W, komunitas sepeda kargo, hingga komunitas sepeda RT/RW yang diramaikan oleh bapak-bapak, ibu-ibu dan anak-anak. Mereka berkumpul di halaman Balai Kota Surabaya Jalan Walikota Mustajab. 

Sebelum memberangkatkan pesepeda, Eri berpesan agar para pesepeda selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Para pesepeda juga diimbau menggunakan layanan-layanan bersepeda dengan baik.

“Harapan saya dengan bersepeda, maka rasa gotong royong, rasa persatuan semakin erat di antara warga,” pungkas Eri. (Nor)

    X