July 10, 2024
Jalan Yos Sudarso No. 18 - 22 Surabaya
Surabaya 24 Hours

KBS Bakal Buka Night Zoo, Siap-Siap Saksikan Satwa Malam

Manajemen Kebun Binatang Surabaya (KBS) menargetkan pembukaan Night Zoo pada tahun 2023. Hal ini dibenarkan oleh Humas KBS, Mochammad Alvin. 

“Iya benar ditargetkan tahun ini, tapi untuk bulannya masih belum bisa dipastikan karena masih melalui pertimbangan yang panjang dari segala bidang.” jelasnya kepada aspirasivirtual Kamis (16/02/2023). 

Menurut Alvin, pembukaan night zoo ini membutuhkan proses perancangan konsep dan upaya revitalisasi yang matang, mengingat keamanan dan kenyamanan pengunjung serta satwa yang ada harus mendapat perhatian yang seimbang. 

“Kita saat ini dalam proses pembangunan dan mapping. Seperti bagaimana rute jalan masuk dan keluar pengunjung, hingga perencanaan intensitas cahaya. Kita pertimbangkan yang baik untuk pengunjung, tapi juga tidak mengganggu satwa.”terang Alvin. 

Ide dari pembukaan night zoo ini diakui Alvin merupakan sebuah inovasi Kebun Binatang Surabaya (KBS) agar tampil berbeda. “Ingin mengusung nuansa yang berbeda ya. Apalagi belum ada wisata night zoo di Kota Surabaya.” Celetuknya. 

Nantinya, Surabaya night zoo  akan menampilkan banyak satwa-satwa nocturnal, dengan tambahan gemerlap lampu yang menarik mata. Sedangkan untuk biaya masuknya, dipastikan akan tetap terjangkau bagi masyarakat.

Di sisi lain, wacana pembukaan night zoo ini sempat pula mendapat pro-kontra dari masyarakat, serta pemerintah kota. Oleh karena itu, Alvin mengaku pihaknya tetap mempertimbangkan setiap saran dari masyarakat sekitar, juga instansi yang bersangkutan.

“Kami selalu perhatikan setiap saran dari masyarakat juga instansi-instansi pemerintahan. Seperti kemarin ada syarat dari BBKSDA mengenai jam operasional, pembatasan pengunjung, hingga teknis-teknis lokasi. Kami pertimbangkan semua.”  Tutupnya. 

    X