May 20, 2024
Jalan Yos Sudarso No. 18 - 22 Surabaya
Dinamika Dewan

DPRD Surabaya Pastikan Honor Kader Surabaya Hebat Akan Naik Tahun Depan

Perhatian DPRD Surabaya dan Pemerintah Kota Surabaya terhadap para Kader Surabaya Hebat (KSH) memang tidak main-main. Baru-baru ini, DPRD Surabaya memastikan bahwa insentif yang diterima para kader setiap bulannya akan naik mulai tahun depan. Kabar bahagia ini disampaikan oleh Ketua Komisi D DPRD Surabaya, Khusnul Khotimah usai menggelar rapat hearing, Senin (24/10/2022).

“Insentif saat ini yang diterima KSH Rp 400 ribu. Tahun depan, 2023, akan ditambah Rp 100 ribu menjadi Rp 500 ribu,” ujar Khusnul.

Kabar ini tentu disambut suka cita oleh para KSH yang saat ini berjumlah kurang lebih 27 ribu orang. Kader Surabaya Hebat merupakan salah satu terobosan Pemerintah Kota Surabaya dalam mengatasi beragam permasalahan hingga di tingkat paling bawah. 

Dibentuk sejak awal tahun 2022 lalu, KSH memiliki tugas untuk membantu Pemkot Surabaya menyelesaikan beragam permasalahan sosial, kesehatan, hingga kemiskinan. Dengan beragamnya tugas tersebut memang sudah menjadi suatu kewajaran bila KSH menerima insentif dari pemerintah.

Selain kenaikan insentif, tahun depan para KSH juga akan dibekali oleh seragam. Seragam ini akan menjadi penanda bahwa ia merupakan kader resmi dari pemerintah kota. Sehingga diharapkan bisa memudahkan KSH dalam bertugas di masyarakat.

“Dengan mengenakan seragam akan mempermudah warga mengenali KSH yang datang ke rumah mereka. Sebab kadang ada warga yang takut atau khawatir kalau yang datang bukanlah kader resmi. Sehingga dengan mengenakan seragam KSH akan lebih nyaman dalam bertugas,” jelas Khusnul.

Khusnul berharap dengan naiknya insentif serta pemberian seragam ini bisa semakin menambah semangat para KSH dalam memberikan pelayanan di masyarakat. Tak hanya itu, Khusnul juga meminta agar semua sektor dan instansi di Surabaya serta masyarakat umum untuk turut mendukung. Sebab, untuk mencapai percepatan pemberian pelayanan kepada masyarakat tidak hanya tanggung jawab dari KSH semata.

“Tapi juga membutuhkan partisipasi publik dalam hal ini masyarakat, camat, lurah, hingga RW dan RT juga harus terlibat juga,” tandasnya.

Keberadaan KSH menjadikan Surabaya sebagai salah satu dari sedikit kota di Indonesia yang berhasil menggandeng unsur masyarakat dalam menjalankan fungsi pemerintahan, terutama dalam hal pelayanan. Inilah yang menjadi kunci keberhasilan Kota Pahlawan dalam memberikan pelayanan prima bagi masyarakat hingga ke tingkat bawah.

    X