July 11, 2024
Jalan Yos Sudarso No. 18 - 22 Surabaya
Komen Warga

Dandi Budianto – Guru SMK 10 Nopember

Menurut saya tentang pendidikan di Indonesia ini memiliki beberapa kelemahan/kekurangan, seperti halnya:

1. Terbatasnya akses pendidikan, seperti banyak anak yg terutama di daerah 3t yang mengalami kesulitan mendapatkan pendidikan yang memadai seperti jarak rumah dgn sekolah yang jauh, kurangnya sarana transportasi dan minimnya insfrastuktur yang termasuk mendaji hambatan bagi akses pendidikan yang merata.

2. Ketimpangan pendidikan, hal inimasih menjadi masalah antara daerah perkotaan dan daerah pedesaan. Pada faktanya fasilitas maupun kualitas pendidikan di perkotaan umumnya lebih baik dari pada di pedesaan. Hal itu saya temui secara langsung ketika mengukti program Kemdikbud RI yaitu Kampus mengajar yang saat itu saya di tempatkan di daerah 3T.

3. Kualitas Guru, tantangan ini menurut saya masih menjadi masalah karena kurang meratanya SDM yg berkualitas di Indonesia  serta rotasi yang tinggi di beberapa daerah menghambat konsistensi dan kualitas pengajaran.

4. Kesenjangan digital, kesenjangan akses merupakan salah satu masalah, yang dimana akses internet saat ini ada menjadi kebutuhan pokok siswa yg mengikuti zaman modern serba teknologi. Tidak semua siswa memiliki akses yang sama terhadap perangkat komputer, internet, atau sumber daya digital. Hal ini dapat mengakibatkan kesenjangan dalam kemampuan mengakses informasi dan pembelajaran online

Bicara tentang harapan terhadap hak-hak guru di Indonesia seperti halnya kontribusi dalam membentuk masa depan bangsa. Harapannya adalah guru mendapatkan achievement yang layak, pelatihan yang berkelanjutan, serta kebebasan untuk mengembangkan metode pengajaran yang inovatif.

    X