June 25, 2024
Jalan Yos Sudarso No. 18 - 22 Surabaya
Surabaya 24 Hours

Boyong 14 Penghargaan, Wali Kota Surabaya Pimpin Kirab Adipura Kencana

Surabaya kembali berbangga hati. Pasalnya, kota yang dikenal sebagai Kota Pahlawan ini telah menyabet kembali penghargaan Adipura Kencana kategori Kota Metropolitan yang ke-7 kalinya. Penghargaan tersebut diterima Wali Kota Eri Cahyadi pada Selasa (28/02/2023). Penghargaan ini terasa lebih istimewa, mengingat tak hanya Adipura Kencana saja, melainkan 13 penghargaan bergengsi lainnya juga berhasil diboyong Surabaya. Penghargaan ini terdiri dari, 5 penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri, 5 penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional, 2 penghargaan Proklim Nasional, dan Nirwasita Tantra tingkat nasional. 

Persembahkan penghargaan untuk warga Surabaya, Eri Cahyadi gelar kirab pada Rabu (01/03/2023). Kirab ini dimulai dari Jalan Ahmad Yani, dan berakhir di Balai Kota Surabaya. Berdasar pantauan aspirasivirtual, wali kota dan istri nampak tiba di halaman Graha Pena pada pukul 10.47, dengan disambut sorak sorai dari puluhan pelajar Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).  Arak-arakan trofi ini akhirnya bergerak tepat pukul 11.00 WIB, dengan melibatkan 19 unit mobil Jeep Wilis. 

Kirab ini berlangsung meriah. Antusiasme warga nampak dari banyaknya massa dari aparatur kelurahan, juga para pelajar yang memenuhi rute kirab. Sepanjang perjalanan, Eri beserta istri tak hentinya menebar senyum sembari memegang penghargaan membanggakan tersebut. Tak sedikit pula warga yang nampak mendekat dan meminta foto bersama Wali Kota yang kerap kali disapa Cak Eri itu. 

Tepat pukul 12.10 WIB rombongan Eri akhirnya tiba di Balai Kota. Kedatangannya ini disambut dengan penampilan reog dari Singo Mangku Joyo Cak Ning Suroboyo, dan sorak gembira dari ribuan petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH), serta Satuan Tugas (Satgas) Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Surabaya.

“Matur nuwun kepada seluruh petugas DLH, tim Bina Marga (DSDABM) yang menjaga Kota Surabaya tetap bersih, dan tidak mengenal kata menyerah. Matur nuwun untuk seluruh RT, RW, LPMK, juga Kader Surabaya Hebat (KSH) yang sudah luar biasa,” ujar Eri di halaman Balai Kota. 

Pada kesempatan istimewa itu, Eri juga menyampaikan bahwa tercapainya Adipura Kencana merupakan buah dari guyub rukun dan usaha seluruh warga Surabaya yang telah bersama-sama menjaga kebersihan, dan mencintai kotanya.  

“Untuk itu, penghargaan ini tidak akan saya letakkan di Balai Kota, melainkan di seluruh Kecamatan di Surabaya secara bergiliran, sebagai bukti guyub rukunnya seluruh warga Surabaya.” tuntasnya. 

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono yang hadir sebagai wakil rakyat pada siang itu, menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Walikota yang berhasil memimpin Surabaya dengan baik selama dua tahun masa jabatannya. 

“”Selamat kepada seluruh warga Kota Surabaya, dan Wali Kota Eri Cahyadi yang telah memimpin kota ini dengan baik, sejak saat melewati masa krisis pandemi Covid-19 hingga saat ini. Semoga Surabaya sukses terus ke depannya.” Jelas Adi. 

    X