July 13, 2024
Jalan Yos Sudarso No. 18 - 22 Surabaya

Soal Genangan Air Akibat Hujan di Surabaya, Ini Perspektif Dewan

Hujan lebat yang mengguyur Kota Pahlawan sejak awal Februari cukup memberikan dampak. Beberapa kawasan Surabaya dilaporkan banjir atau tergenang air. Hal ini mendapat perhatian dari anggota DPRD Kota Surabaya. 

Wakil Ketua Komisi C Aning Rahmawati ikut berkomentar. Menurut Aning, Pemkot Surabaya perlu membangun komunikasi dengan wilayah tetangga, seperti Gresik dan Mojokerto dalam penanganan genangan akibat hujan.
 
“Ini karena faktor banjir kiriman dari hulu Gresik memiliki dampak signifikan bagi Surabaya yang berada di hilir,” kata Aning.
 
Politisi dari fraksi PKS ini menuturkan bahwa kerja sama lintas wilayah menjadi kunci dalam mengatasi masalah genangan di Kota Surabaya. Hal ini penting untuk memastikan bahwa upaya penanganan genangan tidak hanya berfokus pada wilayah administratif, tetapi juga mempertimbangkan aspek regional yang lebih luas.
 
Selain itu dalam pandang DPRD Surabaya, penanganan genangan juga memerlukan tindakan konkret di tingkat lokal. Salah satunya adalah penyelesaian sistem drainase di wilayah Surabaya Barat.

“Dengan mengalokasikan dana sebesar 200 juta, kami berharap dapat meningkatkan efektivitas sistem drainase di wilayah tersebut, termasuk melakukan diversi di Gunungsari,” pungkas Aning. (Nor) 
    X